Kamis, 01 November 2012

Media Sosial



Media sosial adalah, sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lainnya yang dilakukan secara online yang memungkinkan manusia berkmunikasi atau berinteraksi dengan manusia dimanapun tempatnya selama mereka memiliki akun media sosial. Maka dari itu dengan adanya sosial media dunia ini serasa tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, tiap manusia bisa berinteraksi saat itu juga dengan manusia yang jauh dari tempat mereka dengan cara apapun.

Sosial media yang ada juga dikelompokkan menjadi 10 bagian, yaitu :
1.       Sosial network, media sosial untuk bersosialisasi dan berinteraksi. Contohnya : facebook,  myspace.
2.       Discuss, media sosial yang memfasilitasi sekelompok orang untuk berdiskusi dan ngobrol didalamnya. Contohnya : skype, googletalk, dll
3.       Share, media sosial yang memfasilitasi kita untuk berbagai file, video, musik, dll. Contohnya : youtube, slideshare, feedback, dll.
4.       Publish, adalah sebuah bentuk web yang berisikan tentang artikel atau sebuah artikel yang di publish dan bisa di baca oleh banyak pengguna internet. Contohnya : wordpress, blog, wikipedia, dll.
5.       Sosial game, media sosial berupa game yang dapat dilakukan atau dimainkan bersama – sama. Contohnya : doof, pogo, cafĂ©.com, dll.
6.       MMO, contohnya : warcraft, neopets, conan, dll.
7.       Virtual World, dunia virtual yang dimana mereplikasikan lingkungan 3d. dimana user bisa muncul berbentuk sebuah avatar sesuai dengan apa yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya didunia nyata. contohnya : habbo, imvu, starday, dll.
8.       Live cast, semacam sebuah tv atau video streaming. Contohnya : y! live, blog tv, justin tv, dll.
9.       Live stream, contohnya : socialzr, froendsfreed, socialthings!, dll.
10.   Micro blog, User lebih bebas dalam mengekspresikan sesuatu di blog ini seperti curhat ataupun mengkritik kebijakan pemerintah. Contohnya : twitter, plurk, dll.

Sosial media muncul menjadi sebuah pisau bermata dua, dimana ada sisi buruk dan sisi baiknya yang semua tergantung pemegang account media sosial tersebut. Banyak orang sukses dalam hal bisnis, percintaan, dll dari media sosial, melainkan juga banyak orang yang merasa dirugikan dengan adanya media sosial.

                Beberapa manusia cenderung menjadi makhluk yang individualis atau tidak begitu perhatian terhadap apa yang terjadi di sekitarnya, mereka merasa lebih nyaman mengumbar hal – hal pribadi mereka di dunia maya daripada didunia nyata. Maka dari itu pemerintah yang seharusnya memiliki PR besar dalam penanggulangan dampak – dampak dari sosial media tersebut, melalui bentuk – bentuk sosialisasi maupun pelatihan – pelatihan berinternet secara sehat, penggunaan sosial media untuk berdakwah, penggunaan sosial media untuk berbisnis, dll.

                Pemerintah juga harus lebih sering mensosialisasikan Undang – Undang IT yang telah ada di negara ini, sehingga masyarakat mengetahui bahaya – bahaya atau akibat yang diterima ketika kita menggunakan media sosial dengan cara yang salah.

THINK,, BEFORE POSTING...!!!

              THINK,, BEFORE YOU CLICK...!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar