Senin, 07 Januari 2013

Pengertian Database



Database atau (Basis data) adalah sekumpulan informasi yang disimpan dalam suatu komputer atau server yang sifatnya sistematik, sehingga informasi tersebut dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dan basis data tersebut. Software yang digunakan untuk mengakses informasi yang ada didalam database disebut DBMS (Database Management System ).
Konsep dari sebuah Database adalah kumpulan dari catatan – catatan atau potongan dari sebuah informasi pengetahuan, Sebuah database memiliki penjelasan secara terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya. Yang biasanya disebut dengan skema, skema menggambarkan suatu objek yang mewakili dari sebuah database dan hubungan diantara objek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasikan sebuah skema ata memodelkan sebuah database.
Perangkat lunak basis data yang banyak digunakan dalam pemrograman dan merupakan perangkat basis data aras tinggi (high level):


- Microsoft SQL Server
- Oracle
- Sybase
- Interbase
- Xbase
- Firebird
- MySQL
- Postgree SQL
- Microsoft Access
- Dbase III
- Paradox
- Foxpro
- Visual Foxpro
- Arago
- Force
- Recital
- dbfast
- dbXL
- QuickSilver
- Clipper
- Flagship
- Harbour
- Visual Dbase
- Lotus Smart Suite Approach
- Db2



Selain perangkat lunak di atas, terdapat juga perangkat lunak pemrograman basis data aras rendah (low level), diantaranya: 
- Btrieve

- Tsunami Record manager

Tidak ada komentar:

Posting Komentar