Sabtu, 12 Januari 2013

Jaringan Komputer



Definisi Jaringan Komputer
                Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer, atau alat lainnya yang terhubung. Informasi maupun data bergerak melalui kabel – kabel yang menghubungkan antar device sehingga para pengguna bisa melakukan pertukaran data, maupun berbagi hardware. Sehingga jaringan komputer mempermudah kerja dari manusia.


Fungsi / Manfaat Jaringan Komputer

  •                 Resource Sharing kita dapat menggunakan sumberdaya secara bersama – sama. Seperti ada suatu data yang harus diakses oleh beberapa divisi yang ada pada kantor cabang beberapa kota, namun data tersebut hanya ada 1 dan ada di kantor pusat. Dengan adanya jaringan komputer kita tidak perlu susah payah ke kantor pusat untuk mengambil data tersebut.
  •               Reliabilitas Tinggi , dengan adanya jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber – sumber alternatif ppersediaan. Misalnya kita mempunyai data yang bisa kita copy atau simpan di lebih dari 1 device yang terkoneksi pada jaringan, ketika satu device rusak maka salinan di device lainnya masih bisa digunakan.
  •             Penghematan Uang, perangkat dan data yang dapat dishare akan membuat penghematan anggaran yang cukup besar, karena tidak perlu membeli perangkat baru untuk dipasang ditiap – tiap unit komputer.


Jenis Jaringan Komputer Menurut Jarak Jangkauannya

  •           LAN  (Local Area Network), Jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dll.
  •           MAN (Metropolitan Area Network),  Jaringan komputer ini jarak jangkauannya lebih jauh daripada LAN, yaitu jarak jangkauannya yang menjangkau satu kota.
  •           WAN (World Area Network), Jaringan Komputer ini jarak jangkauannya lebih jauh dari MAN, yaitu menghubungkan beberapa jaringan yang ada di beberapa negara,atau bisa di bilang MAN ini adalah jaringan Internet yang dapat menghubungkan beberapa negara layaknya “Dunia Tanpa Batas”.


Beberapa Jenis Topologi Dalam Jaringan Komputer

  •          Topologi BUS, Topologi umum dalam Jaringan LAN, satu kabel utama menghubungkan tiap simpul ke saluran tunggal komputer yang mengakses ujung dengan ujung.
  •          Topologi STAR, sebuah terminal pusat bertindak sebagai pengatur dan pengendali semua komunikasi data yang terjadi. Semua kontrol dalam topologi STAR dipusatkan pada satu titik yang dinamakan station primer dan terminal lain sebagai station sekunder.
  •          Topologi RING, Hampir sama dengan topologi BUS, hanya saja ujung dari topologi ini dihubungkan dengan ujung yang lain hingga menyerupai lingkaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar