Senin, 24 September 2012

Sejarah Dan Perkembangan Komputer Dunia



Ketika kita mulai membicarakan tentang sejarah dan perkembangan komputer, kita dapat mengetahui betapa hebatnya otak manusia ketika di daya gunakan secara maksimal. Kenapa seperti itu? Karena bisa dilihat dari perkembangan sebuah teknologi yang berjalan begitu cepat dan pesat. Sebelum masuk dalam pembicaraan masalah sejarah dan perkembangan computer, sebaiknya kita mengetahui apa computer itu sendiri.
Menurut penjelasan dari beberapa ahli computer, dapat disimpulkan bahwa computer adalah sebuah alat elektonika yang dapat melakukan tugas perhitungan aritmatika, dan tugas – tugas lain sesuai programnya. Semua dilakukan dengan sistem komputer menerima data dari user (input), lalu computer memprosesnya (Processing) dan menyimpannya (Stored), lalu menampilkan hasil dari pemrosesan tersebut yang dinamakan output.
            Dalam perkembangan computer, dibagi menjadi 2 bagian dan beberapa generasi, antara lain :

A.    Sebelum Tahun 1940

-          Peralatan Manual

Abacus
        Suatu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan seluruh pengoperasiannya  menggunakan tenaga manusia.
Abacus muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di benua asia, alat ini terbuat dari kayu yang mirip seperti rak dan terdapat beberapa biji – bijian yang ditata sedemikian rupa sehingga alat ini sangat berguna untuk berhitung.


  



-          Peralatan Mekanik

               Peralatan yang pengoperasiannya secara manual menggunakan tangan manusia.
Numerical Wheel Calculator
      Pada Tahun 1642 seorang anak usia 18 tahun yang bernama Blaine Pascal (1623 - 1662) menciptakan sebuah kalkulator roda numeric ( Numerical Whell Calculator ) untuk membantu kerja ayahnya yang bekerja sebagai seorang penghitung pajak.
      Alat ini terdiri dari 8 buah roda bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga 8 digit,





-          Peralatan Mekanik Elektronik
              Peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis dengan motor elektronik.
      Pada tahun 1692, seorang ilmuwan matematika yang bernama Gottfred Wilhem von
Leibniz (1646-1716) memperbaiki dari keja pasca line dengan membuat sebuah mesin penggerak dari roda - roda pascaline. Gottfred Wilhem von Leibniz memanfaatkan catatan dan gambar - gambar dalam pembuatan pasca line.

-          Peralatan Elektronik

                Peralatan yang bergerak penuh dengan tenaga elektronik, sebelum komputer diciptakan. Pada tahun1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba untuk membuat sebuah komputer elektrik yang menggunakan pendekatan aljabar booelan pada sirkuit elektrik. pendekatan tersebut didasari dari hasil kerja George Boole (1815-1864) sebuah sistem perhitungan biner aljabar, yang menyatan setiap bilangan matematika dapat dinyatakan sebagai nilai benar atau salah. Proyek komputer elektrik pertama yang dikerjakan oleh John V. Atanasoff dan Clifford Berry dilakukan pada tahun 1940, namun sempat terhenti karena faktor pendanaan.

B.     Sesudah Tahun 1940
-          Komputer Generasi Pertama (1940 – 1959)
                       Komputer pertama yang dibuat menggunakan sebuah teknologi tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data, dengan bentuk yang masih cukup besar, bobot yang cukup berat dan memerlukan daya listrik yang cukup besar.
             Beberapa komputer generasi pertama adalah :
        a.  ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator )
                                          Diciptakan oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun
                             1946, dengan menggunakan sebuah konsep Stored Program Concept yang
                              dikemukan oleh John Von Neuman.
                          b. EDVAC Computer (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
                                          Pada pembuatan komputer ini, pemakaian tabung vacum sudah
                              mulai dikurangi, sehingga kerja komputer EDVAC lebih cepat
                              dibanding ENIAC. 
                          c. EDSAC COMPUTER ( Electonic Delay Storage Automatic Calculator )
                                          komputer ini mulai mengenalakan dan menggunakan sebuah
                               raksa (mercuri) dalam tabung untuk penyimpanan datanya. 
                           d. UNIVAC 1 Computer
                                           Univac 1 adalah sebuah komputer pertama yang digunakan
                               untuk memproses data perdagangan pada tahun 1951 yang diciptakan
                               oleh Dr Mauchly dan Ecker.
-          Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
                        Sejak Transistor ditemukan pada tahun 1948, dunia elektronika berubah secara drastis transistor merubah semua tabung vakum yang ada pada televisi, radio, dan komputer. sehingga berdampak pada ukuran dan bobot alat - alat elektronik semakin kecil dan ringan.
      Penemuan tersebut akhirnya berkembang ke arah pengembangan memori inti magnetik yang sangat membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih ringan, lebih hemat energi dan lebih cepat.
                          Komputer yang pertama menggunakan teknologi tersebut adalah IBM yang bernama stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. komputer - komputer tersebut yang akhirnya dikembangkan untuk laboratorium atom, karena komputer - komputer tersebut mampu melakukan perhitungan yang sangat banyak dan cepat. 
                           Pada awal 1960-an komputer - komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor dan sudah menggunakan bahasa assembly, komputer ini juga yang sudah bisa diasosiasikan dengan komponen komputer yang ada seperti saat ini seperti : printer, disket, sistem operasi. komputer generasi ini pula yang sangat laris digunakan dalam bidang Bisnis, universitas dan pemerintahan.
                            Beberapa bahasa yang digunakan pada komputer generasi ini untuk menggantikan bahasa mesin adalah Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN).
Re
-          Komputer Generasi Ketiga (1964 – awal 80an)
                        Pada generasi ini transistor yang sebelumnya berkuasa dalam membangun komputer, tergantikan oleh IC (Integrated Circuit), transistor diganti karna dirasa transistor panas yang cukup besar yang berdampak pada rusaknya komponen yang lainnya. IC diciptakan oleh seorang ilmuwan yang bernama Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument. perkembangan komputer pada generasi ini juga dapat dilihat dari sudah digunakannya sistem operasi yang memungkinkan mesin menjalankan beberapa perintah dalam serentak.
Re
-          Komputer Generasi Keempat ( awal 80an - ?? )
                        Pada generasi ini kita dapat melihat perkembangan komputer mulai memasuki era dimana manusia berusaha membuat komputer sekecil dan seringkas mungkin dengan ditemukannya teknologi Large Scale Integration (LSI) yang dapat menyimpan ratusan komponen dalam chip. akhirnya pada tahun 1980-an berkembanglah lagi sebuah teknologi Very Large Scale Integration (VLSI) yang bisa memuat ribuan koomponen dalam sebuah chip.
                         Tidak terhenti sampai itu saja, teknologi untuk menghasilkan komputer yang ringkas, ringan, dan kecil. berkembanglah sebuah teknologi Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.

http://gudang-sejarah.blogspot.com/2009/01/sejarah-perkembangan-komputer.html
Re

Tidak ada komentar:

Posting Komentar