Senin, 01 Oktober 2012

Sejarah Perkembangan Software Dunia



Software computer adalah suatu kumpulan instruksi atau statement yang di susun secara logis dan berbentuk sebuah code – code yang hanya dimengerti oleh computer, software computer ini juga bisa dibilang sebagai otak penggerak dari computer. Software computer bisa diibaratkan sebagi bensin dan computer sebagai mobilnya, jadi computer tidak akan berfungsi atau berguna jika tidak ada softwarenya.
tahun. Perkembangan software computer terbagi dalam beberapa era, yaitu era pioneer, era stabil, era mikro, dan era modern, berikut adalah sejarah dari era tersebut :
1.       Era pioneer
Pada era ini software computer terdiri dari sambungan – sambungan kabel antar komponen computer, dalam hal aksesnya pun masih menggunakan punched card bentuknya menyerupai sebuah kartu yang dilubangi. Pada era ini penggunaan computer dilakukan secara langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan tujuan tertentu.

2.       Era Stabil
Pada era ini sudah mulai memasuki sebuah era teknologi baru yaitu computer bisa melakukan proses multi-tasking, multi-tasking adalah kemampuan computer menjalankan beberapa perintah secara bersamaan. Pada era ini juga software computer sudah mendukung teknologi multi-user dan real-time, pada era ini juga software mampu memisahkan antara program dan data

3.       Era Mikro
Pada era mikro mulai bermunculan beberapa sistem operasi yaitu, Linux, Windows, machintos, dll. Pada era ini juga sudah mulai bermunculan beberapa aplikasi atau software pengolah kata, antara lain : Microsoft office, dan open office. Seiring berjalanannya waktu mulai bermunculan juga bahasa pemrograman antara lain : assembler, visual basic, Delphi, dll.

4.       Era Modern
Pada era ini peran software sudah mulai  mengalami perkembangan sangat pesat tidak hanya computer yang menggunakan software tetapi gadget – gadget seperti handphone dan tablet sudah memakai software – software seperti yang digunakan oleh computer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar