Senin, 08 Oktober 2012

Hardware Komputer



           Hardware atau perangkat keras pada komputer adalah komponen – komponen dari komputer maupun pendukung kinerja komputer yang dapat dilihat dan disentuh secara fisik. Hardware komputer dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :



                 a. Input Device
Adalah sebuah hardware dari komputer yang berfungsi untuk memasukkan data, atau instruksi dari user. Contoh dari perangkat tersebut adalah :
                                         -        Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. 

  
                              -   Mouse
Alat yang mirip tikus dan terdiri dari dua atau tiga tombol, berfungsi untuk mengendalikan kursor/pointer dilayar monitor dengan cara menggerakkannya maju, mundur atau kesamping.

  




     -          Scanner
Digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto, tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer.









                b.     Process Device
Adalah sebuah hardware dari komputer yang berfungsi sebagai pengolah data atau pengolah intruksi yang dimasukkan oleh user kedalam komputer. Contoh dari perangkat tersebut adalah :

-          Control Unit
Berfungsi mengambil data dan intruksi dari memory yang berhubungan dengan
logika dan arutmatika dan di kirim ke ALU (Arithmetic and Logical Unit) untuk di proses.

 -          ALU (Arithmetic anl Logic Unit)

Bagian CPU yang ini adalah bagian CPU terpenting karena bagian ini berfungsi untuk melakukan perhitungan aritmatika dan logika sesuai intruksi pemrograman.
ALU bekerja dengan register yang berbeda untuk menyimpang data atau informasi tentang tindakan huruf, angka, atau karakter khusus. 

c. Output Device

Sebuah hardware komputer yang berfungsi atau membantu menampilkan hasil pemrosesan data yang dilakukan oleh process device. Contoh dari alat tersebut adalah :

                                          -          Monitor
Monitor adalah media output untuk menampilkan informasi sehingga dapat dibaca dan diketahui oleh manusia. Monitor merupakan interface terpenting yang menghubungkan manusia dan PC.







                                          -          Printer
Perangkat keras yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Resolusi pada printer disebut dpi (dot per inch).

 
 


      -          Spiker
Speaker berfungsi sebagai alat output, yang mengeluarkan  informasi berupa suara kepada user, misalnya : Musik, Peringatan, dll.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar